Jumat, 10 Juli 2015

Konservasi Arsitektur



LANGGAM BANGUNAN 

Kantor Pelayanan Pajak Tambora, Kota Tua Jakarta

Arsitek perancang bangunan ini merupakan arsitek pertama di Indonesia, yaitu Marius J. Hulswit. Hulswit merupakan supervisor dari pembangunan gedung Algemenee di Surabaya karya HP Berlage. Untuk itu kesan arsitek Berlage sangat kental dalam bangunan yang di rancang oleh Hulswit. Sudah terbukti di beberapa gedung rancangannya seperti gedung ANIEM, gedung kantor Geowehry di jalan Rajawali juga di beberapa gedung Bank Indonesia di beberapa kota di Indonesia yang memiliki langgam dan ciri yang mirip.

Gambar 1
(sumber:http://ayorek.org/2014/05/signature-berlage-di-gedung-aperdi-algemeene/#sthash.up9ErIU6.dpbs)

Dari gambar paling kiri merupakan gedung Algemeene. Kantor Ainem di Gemblongan, Hulswit sangat menggemari gaya neo-klasik pada setiap rancangannya, namun dengan seiringnya waktu, gaya rancangan Hulswit kian mendekati modern awal, hal tersebut dapat dirasakan pada gaya arsitektur Kantor Pelayanan Pajak Tambora. Langgam yang terdapat pada bangunan kantor pelayanan pajak tambora adalah campuran gaya neo-klasik dan modernisasi awal. Langgam neo-klasik dapat terlihat pada pilar-pilar yang berjajar dengan gaya abad pertengahan dan jendela kaca yang melengkung. Sedangkan untuk langgam modernisasi awal terdapat pada fasad yang memiliki detail polos.

Karakteristik bangunannya digambarkan seperti ini : (dalam Handinoto,1994)

1.    Tatanan Ruang : Denahnya simetris, bertembok tebal dengan langit2 tinggi, lantai marmer, di tengah ruang disebut 'central room' yang luas berhubungan langsung dengan beranda depan dan belakang, sayap kiri dan kanan terdapat deretan kamar tidur. fasilitas servis biasanya terpisah. di depan bangunan utama biasanya ada jalan melingkar untuk kendaraan dengan ditanami pohon-pohon cantik.

2.    Bagian depan dan belakang bangunan (di ujung) terdapat deretan kolom gaya Yunani (doric, ionic, korintian) sebagai penyangga konstruksi atap. 

3.    Biasanya (walau tidak selalu) terdapat pedimen (gewel depan) segitiga di fasadnya.

4.    Seiringnya perkembangan kota, lahan di kota menjadi padat. dan di tahun menuju 1800an akhir, gaya ini menyesuaikan dengan lahan yang makin sempit, tidak selalu ada bagian jalan melingkar dengan taman, kolom-kolom berkembang dengan ornamen besi.

Ciri – ciri arsitek Berlage :

1.    Lengkung bata segmental diapit batu (segmental brick arches framed by stone blocks). Di gedung Algemeene Surabaya, lengkung ini masih tampil dengan susunan bata, tapi di De Nederlanden, susunan bata tidak tampak. Yang tersisa hanyalah bentuk lengkung yang sering muncul dalam desain mediteran.


2.    Pilar bergaya abad pertengahan (medievalizing piers). Pilar non-struktural ini sering muncul menjadi dekorasi khas Berlage. Gaya lengkung pilar ini diambil Berlage dari model abad pertengahan. Sepertinya, menjadi salah satu kebiasaan para arsitek yang membuat terobosan untuk tidak melihat gaya arsitektur masa sebelumnya yang dekat dengan zamannya. Berlage mengadopsi gaya arsitektur dari zaman dahulu, jauh ke belakang dari abad 13-14 an. Hal yang sama dilakukan para pelopor gerakan neoklassik, neorenessan, neogothic dst.

3.    Korbel berundak (stepped corbel). Korbel berundak ini muncul di desain Batavia secara sederhana (di pintu masuk). Ciri korbel berundak ini juga dipinjam Cuypers dalam desain sebuah rumah di jalan Jan Luykenstraat, Amsterdam (1903). Di Gedung Algemeene Surabaya, korbel berundak ini diambil alih oleh dua buah patung singa di depan pintu masuk.

(sumber:http://ayorek.org/2014/05/signature-berlage-di-gedung-aperdi-algemeene/#sthash.up9ErIU6.dpbs )